Pada pengumuman CPNS di lingkungan Pemprov Sumsel dan Kabupaten di Sumsel (15/10), pendaftaran dilakukan secara online di website http://cpns-sumsel.

Di situs tsb ada pengumuman, surat lamaran, contoh surah pernyataan yang semuanya dalam gif, ini terlihat seperti pengumuman di papan pengumuman yang tertempel miring.

Ketidaknyaman ini membuat beberapa calon pendaftar dibuat kecewa dengan buruknya pengelolaan situs ini. Sepertinya panitia belum siap untuk pendaftaran CPNS secara online, harusnya pemerintah sumsel mempercayakan kepada para profesional website yang memang mampu untuk mengelola website secara profesional.

Pada pengumuman penerimaan cpns tersebut disebutkan juga bahwa setelah pendaftaran online, para calon pendaftar juga harus mengirim surat lamaran yang ditulis tangan, legalisir ijazah dan transkip nilai, surat pernyataan (dibubuhi materai rp 6000) , foto 4×6 (3 lembar). cara seperti pemborosan saja, seudah mendaftar online, dan juga mengirim berkas lamaran via POS.

Kalau ingin dilakukan pendaftaran online berkas-berkas juga lebih baik dikirim melalui internet juga, jadi tidak merepotkan para calon pendaftar tetapi sistem harus di percayakan kepada para profesional website. Kalau penitia penerimaan CPNS belum mampu untuk pendaftartaran dilakukan secara online, pendaftaran cukup dilakukan dengan mengirim berkas lamaran via POS.

Namun pada pendaftaran CPNS sumsel ini lebih mudah daripada penerimaan CPNS beberapa Departeman pusat seperti BKP, Depkes, Depsos, dll. yang membutuhkan dokumen-dokumen pendukung seperti SKCK, Kartu Kuning, bahkan surat keterang lurah. Tentu hal ini membuat repot, mengeluarkan biaya ekstra dan antrian yang panjang dalam mengurus dokumen tsb.

Saya berharap dalam beberapa tahun kedepan penerimaan CPNS ini, semua proses dari pendaftaran, pelengkapan dokumenbisa dilakukan secara online bahkan kalau perlu tes tertulis pun di lakukan secara online walau cara ini rentan kecurangan.

About these ads